Analisis Perilaku Konsumen dalam
Pembelian Online
Di zaman serba
instan ini, biasanya seseorang menginginkan sesuatu hal didapatkan secara mudah
dan dengan cara yang sederhana. Misalnya dalam berbelanja. pembeli tidak perlu
lagi datang ke toko dimana produk yang dia inginkan dijual. Pembeli hanya perlu
mengakses internet kemudian memilih website sebagai toko online yang menjual
produk yang dia inginkan. Setelah memilih barang yang diinginkan sesuai dengan
spesifikasinya, dia hanya perlu membayarnya dengan kartu kredit atau transfer
melalui phone banking dan bisa juga melalui layanan internet banking. Pembeli
hanya perlu menunggu sampai barang yang di pesan dikirimkan langsung ke rumah.
Belanja online
sebetulnya dalam sejarahnya sudah terjadi puluhan tahun yang lalu. Hanya saja
saat itu medianya bukan dengan menggunakan layanan internet. Saat itu sudah
dikenal dengan memakai televisi dan telepon. Penjual dapat mengiklankan
produknya menggunakan televisi dan pembeli dapat membeli barang tersebut secara
online melalui sambungan telepon. Caranya hampir sama dengan belanja online
dengan layanan internet. Pembeli hanya tinggal menghubungi penjual, kemudian
penjual mengirimkan barangnya ke rumah pembeli dan terjadilah transaksi jual
beli di rumah pembeli. Lain lagi jika kita membeli sebuah barang melalui sebuah
forum jual beli. Dalam forum jual beli lebih diutamakan kenyamanan
masing-masing pihak antara penjual dan pembeli. Misalnya mereka bisa melakukan
pembayaran secara COD (Cash On Delivery) atau menggunakan Rekening Bersama.
Namun cara seperti COD memang ada kelemahannya. Karena pembeli dan penjual
tetap harus mau repot untuk bertemu di sebuah tempat yang dijanjikan.
Keuntungannya adalah keduanya bisa sama-sama mengerti tentang barang dan jenis
transaksi yang lebih cepat yaitu menggunakan uang tunai.
Saya pribadi
memiliki pengalaman dalam berbelanja online. Saat itu saya tengah menyiapkan
kelahiran si buah hati. Sebagai orang tua tentu saja kami menyiapkan segala
sesuatunya. Mulai dari pakaian hingga perlengkapan lainnya. Nah, saat itu saya
sangat tertarik pada gendongan kangguru. Karena di toko aslinya lebih mahal
akhirnya saya mencarinya secara online. Alhamdulillah saya mendapatkan toko
online yang menjual gendongan kangguru yang saya inginkan. Tinggal memilih item
yang saya inginkan, kemudian melakukan pembayaran melalui transfer bank dan
saya hanya tinggal menunggu barang tersebut dikirimkan. Tidak jarang toko
online memberikan potongan harga menarik dan barangnya tentu saja bisa saya
dapatkan lebih murah.
- Keunggulan Belanja Online
Ada beberapa keunggulan berbelanja secara online, antara lain:
1. pembeli tidak terikat antara jarak dan waktu. Contoh sederhana misalnya beberapa waktu yang lalu, saya mempunyai konsumen yang berasal dari kota Pontianak. Disana jarang sekali ditemukan pusat perbelanjaan, seperti toko pakaian, dll. Terkadang dia mengalami kesulitan untuk mencari pakaian-pakaian yang ia inginkan. Dengan adanya toko online, konsumen saya tidak kesulitan lagi mencari pakaian-pakaian yang ia inginkan. Dia hanya perlu mencari toko online yang menjual pakaian yang dia inginkan kemudian dia memesannya secara online pula. Dengan demikian, keinginannya untuk mendapatkan pakaian terbaru kini sudah terbantu berkat toko online. Lebih cepat dan lebih mudah.
2. pembeli dari segala usia bisa melakukan belanja secara online. Dengan memanfaatkan gadget yang anda miliki, anda bisa membeli barang yang anda inginkan secara online. Pembeli hanya tinggal memilih barang apa saja yang akan dipesan. Setelah melakukan pembayaran melalui transfer uang, pembeli hanya tinggal menunggu barang yang dipesan datang ke rumah secara langsung. Tidak repot harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya bensin. Jika dihitung-hitung akan lebih mahal berbelanja secara langsung ke tokonya. Pembeli akan lebih banyak mengeluarkan uang. Selain untuk ongkos bensin, pastilah juga keluar biaya lain. Perlu usaha lebih dan godaannya pun semakin banyak jika berbelanja secara langsung.
3. belanja secara online sangat menghemat waktu dan energi. Bagi pekerja di Jakarta, tentu waktu dan energi adalah sesuatu hal yang sangat berharga. Pekerja yang terbiasa berangkat pagi hari dan pulang malam hari tentu saja tidak memiliki waktu lagi untuk berbelanja secara langsung kecuali pada hari libur. Dengan adanya toko online mereka tidak perlu lagi khawatir, karena berbelanja dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja. Apakah ketika terjebak di kemacetan Jakarta atau saat terbangun tengah malam. Toko online selalu buka setiap saat selama 24 jam dalam seminggu.
Ada beberapa keunggulan berbelanja secara online, antara lain:
1. pembeli tidak terikat antara jarak dan waktu. Contoh sederhana misalnya beberapa waktu yang lalu, saya mempunyai konsumen yang berasal dari kota Pontianak. Disana jarang sekali ditemukan pusat perbelanjaan, seperti toko pakaian, dll. Terkadang dia mengalami kesulitan untuk mencari pakaian-pakaian yang ia inginkan. Dengan adanya toko online, konsumen saya tidak kesulitan lagi mencari pakaian-pakaian yang ia inginkan. Dia hanya perlu mencari toko online yang menjual pakaian yang dia inginkan kemudian dia memesannya secara online pula. Dengan demikian, keinginannya untuk mendapatkan pakaian terbaru kini sudah terbantu berkat toko online. Lebih cepat dan lebih mudah.
2. pembeli dari segala usia bisa melakukan belanja secara online. Dengan memanfaatkan gadget yang anda miliki, anda bisa membeli barang yang anda inginkan secara online. Pembeli hanya tinggal memilih barang apa saja yang akan dipesan. Setelah melakukan pembayaran melalui transfer uang, pembeli hanya tinggal menunggu barang yang dipesan datang ke rumah secara langsung. Tidak repot harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya bensin. Jika dihitung-hitung akan lebih mahal berbelanja secara langsung ke tokonya. Pembeli akan lebih banyak mengeluarkan uang. Selain untuk ongkos bensin, pastilah juga keluar biaya lain. Perlu usaha lebih dan godaannya pun semakin banyak jika berbelanja secara langsung.
3. belanja secara online sangat menghemat waktu dan energi. Bagi pekerja di Jakarta, tentu waktu dan energi adalah sesuatu hal yang sangat berharga. Pekerja yang terbiasa berangkat pagi hari dan pulang malam hari tentu saja tidak memiliki waktu lagi untuk berbelanja secara langsung kecuali pada hari libur. Dengan adanya toko online mereka tidak perlu lagi khawatir, karena berbelanja dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja. Apakah ketika terjebak di kemacetan Jakarta atau saat terbangun tengah malam. Toko online selalu buka setiap saat selama 24 jam dalam seminggu.
- Kelemahan Belanja Online
Dibalik keunggulan pastilah ada beberapa kelemahan. Namun hal ini bisa di hindari jika kita mengetahui sebelumnya. Berikut adalah beberapa kelemahan berbelanja secara online;
1. barang yang dipajang di toko online bisa saja spesifikasinya berbeda dengan yang dikirimkan. Disinilah hak pembeli untuk meminta jaminan atau garansi. Jika spesifikasi tidak sesuai dengan yang dicantumkan di toko online pelanggan berhak mendapatkan penggantian atau uang kembali. Maka jangan lupa untuk screen shot halaman websitenya setiap kita akan membeli sebuah barang. Agar kita bisa melakukan komplen jika barang yang kita beli spesifikasinya tidak sesuai dengan yang disebutkan di toko onlinenya. Bahkan di forum jual beli pemberian garansi sudah menjadi hal yang lumrah sehingga pembeli tidak ragu dan khawatir lagi. Dengan adanya garansi justru akan menaikkan posisi tawar sebuah barang dan tentu saja menaikkan reputasi toko online tersebut.
Dibalik keunggulan pastilah ada beberapa kelemahan. Namun hal ini bisa di hindari jika kita mengetahui sebelumnya. Berikut adalah beberapa kelemahan berbelanja secara online;
1. barang yang dipajang di toko online bisa saja spesifikasinya berbeda dengan yang dikirimkan. Disinilah hak pembeli untuk meminta jaminan atau garansi. Jika spesifikasi tidak sesuai dengan yang dicantumkan di toko online pelanggan berhak mendapatkan penggantian atau uang kembali. Maka jangan lupa untuk screen shot halaman websitenya setiap kita akan membeli sebuah barang. Agar kita bisa melakukan komplen jika barang yang kita beli spesifikasinya tidak sesuai dengan yang disebutkan di toko onlinenya. Bahkan di forum jual beli pemberian garansi sudah menjadi hal yang lumrah sehingga pembeli tidak ragu dan khawatir lagi. Dengan adanya garansi justru akan menaikkan posisi tawar sebuah barang dan tentu saja menaikkan reputasi toko online tersebut.
2. jika barang yang di kirim tidak sesuai dengan
spesifikasinya yang paling repot adalah melakukan klaim. Prosesnya bisa lebih
lama dibandingkan dengan proses membelinya. Maka ukuran sebuah toko online itu
berkualitas atau tidak dapat dilihat juga dari proses kemudahan klaim. Jika hal
ini diabaikan lebih baik pembeli menghindari toko online seperti ini. Untuk itu
lihatlah testimoni-testimoni terhadap toko online tersebut. Di forum jual beli,
testimoni pelanggan jelas sangat berpengaruh terhadap reputasi seorang
pedagang. Dengan mengolah testimoni, sebuah toko online akan semakin besar dan
semakin memiliki reputasi baik di mata calon pembeli. Pembeli biasanya akan
menjadi pelanggan tetap, jika merasa puas dengan layanan dan proses yang baik.
Akan lebih baik jika testimoni itu bukan hanya sebatas testimoni secara online.
3. toko online sangat bergantung
pada kurir atau perusahaan jasa pengiriman. Lihat dengan teliti siapakah
rekanan toko online tersebut. Karena proses pengiriman bisa saja lebih lama
dari yang dijanjikan terutama pada masa-masa sibuk seperti saat Hari Raya.
Durasi pengiriman yang cepat juga dapat meningkatkan reputasi toko online.
Meskipun sebetulnya pengiriman sudah dilimpahkan pada jasa pengiriman. Maka ada
baiknya pembeli memahami betul mana saja perusahaan jasa pengiriman yang bisa
tepat waktu mengirimkan barang yang dipesan.
Kami mempunyai solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan diatas :
Cari toko online yang memiliki rekam jejak yang baik melalui testimoni dan reputasinya. Jadilah pembeli yang cerdas. Untuk menjadi pembeli yang cerdas dimulai dari memilih toko online yang memang sudah betul-betul memiliki reputasi baik. Agar terhindar dari penipuan dan cybercrime lainnya. Pembeli juga harus teliti dengan barang-barang yang di deskripsikan. Jangan malu untuk bertanya dahulu kepada customer service. Pembeli harus cerewet untuk memastikan bahwa barang yang dipesan memang sesuai dengan keinginan pembeli. Proses tanya jawab tersebut bisa dilakukan melalui chatting atau via sms atau bbm, dan lain sebagainya. Tidak jarang mereka juga memiliki social media sehingga bisa lebih mendekatkan diri pada pelanggannya.
Kami mempunyai solusi untuk mengatasi kelemahan-kelemahan diatas :
Cari toko online yang memiliki rekam jejak yang baik melalui testimoni dan reputasinya. Jadilah pembeli yang cerdas. Untuk menjadi pembeli yang cerdas dimulai dari memilih toko online yang memang sudah betul-betul memiliki reputasi baik. Agar terhindar dari penipuan dan cybercrime lainnya. Pembeli juga harus teliti dengan barang-barang yang di deskripsikan. Jangan malu untuk bertanya dahulu kepada customer service. Pembeli harus cerewet untuk memastikan bahwa barang yang dipesan memang sesuai dengan keinginan pembeli. Proses tanya jawab tersebut bisa dilakukan melalui chatting atau via sms atau bbm, dan lain sebagainya. Tidak jarang mereka juga memiliki social media sehingga bisa lebih mendekatkan diri pada pelanggannya.
KESIMPULAN
Dari keunggulan dan kelemahan tersebut saya pribadi lebih memilih berbelanja online pada toko online yang sudah direkomendasikan oleh teman-teman saya. Sehingga kerugian atau resiko adanya penipuan bisa dihindari. Maka, rekomendasi inilah yang sebetulnya harus dikelola dengan baik jika para pemilik toko online jeli. Karena rekomendasi adalah marketing yang paling efektif terutama dalam bisnis online.
Dari belanja online saya pun jadi ikut-ikutan berjualan online meskipun hanya sebatas menggunakan forum jual beli. Bahkan tidak sedikit yang menuai kesuksesan karena kemudahan berbelanja secara online menjadi kemudahan berdagang secara online. Toko online tidak perlu ditunggui bahkan tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk menjaganya. Bukan tidak mungkin seorang pembeli online berubah menjadi pengusaha online. Dibalik itu semua, jual beli online bisa mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda.
Dimasa-masa yang akan datang dimana proses keamanan berbelanja online semakin baik dan ketat tentu saja pembeli akan merasa nyaman dan merasa dimudahkan untuk melakukan belanja secara online. Yang perlu disiapkan adalah sistem yang baik agar bisa melindungi pembeli maupun penjual.
Dari keunggulan dan kelemahan tersebut saya pribadi lebih memilih berbelanja online pada toko online yang sudah direkomendasikan oleh teman-teman saya. Sehingga kerugian atau resiko adanya penipuan bisa dihindari. Maka, rekomendasi inilah yang sebetulnya harus dikelola dengan baik jika para pemilik toko online jeli. Karena rekomendasi adalah marketing yang paling efektif terutama dalam bisnis online.
Dari belanja online saya pun jadi ikut-ikutan berjualan online meskipun hanya sebatas menggunakan forum jual beli. Bahkan tidak sedikit yang menuai kesuksesan karena kemudahan berbelanja secara online menjadi kemudahan berdagang secara online. Toko online tidak perlu ditunggui bahkan tidak perlu mempekerjakan karyawan untuk menjaganya. Bukan tidak mungkin seorang pembeli online berubah menjadi pengusaha online. Dibalik itu semua, jual beli online bisa mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda.
Dimasa-masa yang akan datang dimana proses keamanan berbelanja online semakin baik dan ketat tentu saja pembeli akan merasa nyaman dan merasa dimudahkan untuk melakukan belanja secara online. Yang perlu disiapkan adalah sistem yang baik agar bisa melindungi pembeli maupun penjual.
http://rianhenry2.blogspot.com/2012/03/teori-organisasi-umum-2-perilaku.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/05/3/499130/inilah-keunggulan-dan-kelemahan-belanja-online.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/05/3/499130/inilah-keunggulan-dan-kelemahan-belanja-online.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar